0
Seringkali kita sulit menemukan atau mencari file yang telah dikerjakan atau kita menemui kesulitan dalam mengelola banyak file dalam banyak folder. Berikut adalah tips untuk mengelola File dan Folder :
  1. Gunakanlah My Documents sebagai media penyimpan data.
  2. Gunakan penamaan file dan folder yang konsisten, Apabila memungkinkan, gunakan nama yang umum dan gunakan singkatan apabila penamaan terlalu panjang.
  3. Gunakan penamaan file dan folder yang singkat dan mudah apabila dilakukan proses pencarian.
  4. Pisahkan antara file - file dan folder PROSES dan ARSIP, Maksudnya adalah file - file dan folder dalam My Documents hanya berisi file folder pekerjaan yang anda sedang lakukan atau file - file yang sering anda akses.
  5. Jika memungkinkan, pisahkanlah folder berdasarkan tipe file yang ada di dalamnya, misalnya folder gambar, hanya berisi gambar-gambar. Hal ini akan mempercepat proses pencarian.Jangan membuat hirarki folder terlalu dalam.
  6. Windows Explorer dapat dipergunakan untuk melihat folder dan file, serta menyediakan fasilitas untuk memenejemen file. Di dalam menggunakan Windows Explorer kita dapat melakukan penyalinan, penghapusan, pemindahan, pengubahan nama dan pencetakan file.
  7. Fasilitas Windows Explorer ini terdapat pada versi Windows 95 ke atas, sedang pada versi sebelumnya ditampilkan dalam format File Manager.

Pengertian Windows Explorer
Windows Explorer adalah salah satu program yang dimiliki oleh oleh Microsoft Windows. Dengan Windows Explorer kita dapat melakukan seluruh kegiatan dalam menangani file dan folder sehingga kita dapat mengorganisasikan file dan folder dengan mudah.
Windows Explorer terbagi dalam dua jendela atau pane, yaitu :
Jendela kiri (pane folder), berisi folder dan drive di komputer
Jendela kanan (pane file), untuk menampilkan isi folder yang sedang dipilih
Langkah Mengaktifkan Windows Explorer
Di dalam mengaktifkan windows explorer ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :
Cara 1: Tempatkan mouse pada tombol start yang ada pada taksbar, kemudian klik kanan dan pilih explorer
Cara 2: Klik Start yang ada pada taksbar, kemudian klik Program, klik Windows Explorer
Cara 3: Tunjuk icon My Computer, kemudian klik kanan dan pilih explorer

Materi Praktikum Manajemen File dapat di download di sini

Posting Komentar

 
Top