3
Pertemuan pada tanggal 7-8 Mei 2012 untuk kelas XI MAN 9 Jakarta, materi akan membahas tentang fungsi-fungsi yang telah dijelaskan dan dipraktikkan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya yaitu, concatenate, vlookup, left, dan mid. Dengan fungsi-fungsi tersebut akan menghasilkan rumus yang dapat merubah angka menjadi huruf. Studi kasus kali ini adalah membuat Kartu Hasil Studi (KHS) MAN 9 Jakarta, diharapkan peserta didik dapat berlatih dirumah sehingga ketika pertemuan dengan materi ini berlangsung peserta didik dapat bertanya tentang kesulitan atau pertanyaan lain tentang materi ini, Kartu Hasil Studi (KHS) yang dibuat seperti gambar dibawah ini  :




  1. Ketika dimasukan angka di kolom Nilai sel F12 maka secara otomatis kolom Huruf sel G12 akan tertulis huruf sesuai dengan angka yang diketikan pada sel F12. 
  2. di Kolom Afektif akan secara otomatis tertulis huruf dari A s/d D tergantung dari nilai yang diketikan di sel F12, jika nilai > 90 akan menghasilkan huruf A, jika nilai >70 akan menghasilkan huruf B, Jika nilai >50 akan menghasilkan huruf C dan sisanya adalah D.
  3. Sedangkan pada kolom Keterangan tertulis Tuntas atau Tidak Tuntas, Jika kolom Nilai lebih besar dari KKM, maka tertulis Tuntas.
Rumus :
  1. Untuk Kolom Huruf : =CONCATENATE( VLOOKUP (LEFT(F12,1), puluhan, 2)," ",VLOOKUP (RIGHT(F12,1), satuan,2)) 
  2. Untuk Kolom Afektif : =IF(F12>90,"A",IF(F12>70,"B",IF(F12>50,"C","D")))
  3. Untuk kolom Keterangan : =IF(E12<=F12,"Tuntas","Tidak Tuntas")
Sebelum menulis rumus pada kolom huruf, terlebih dahulu blok tabel Satuan dan klik Define Name (berada pada Tab Formulas atau klik kanan pada tabel yang dblok lalu pilih Name a range) tulis di Name dengan kata Satuan. dan setelah itu blok tabel Puluhan dan lakukan hal yang sama seperti tabel Satuan.





Posting Komentar

 
Top